Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Penerapan Permainan Sunda Manda Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Mlese II Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Partini, Partini and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.H (2014) Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Penerapan Permainan Sunda Manda Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Mlese II Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_i.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuam motorik kasar anak melalui penerapan permainan sunda manda, pada saat istirahat anak-anak hanya duduk dan kurang suka melakukan aktivitas fisik seperti berlarian atau melompat. Penyebab lain adalah guru sering melakukan pembelajaran di dalam kelas sehingga kurang memberikan kesempatan pada anak untuk bergerak bebas, sehingga anak merasa bosan dan jenuh. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di TK Pertiwi Mlese II Gantiwarno Klaten terutama pada anak kelompok B. Dalam penelitian ini terdapat 2 jenis data yaitu data kuantitatif yang berupa angka dan data kualitatif yang berupa narasi. Sumber data penelitian diperoleh dari anak untuk kemampuan motorik kasar dan dari guru berupa penerapan permainan sunda manda. Data mengenai perkembangan kemampuan motorik kasar anak diperoleh melalui lembar tabulasi skor perkembangan kemampuan motorik kasar anak, sedangkan data mengenai penerapan permainan sunda manda diperoleh dari lembar pedoman observasi peneraman permainan sunda manda dan catatan lapangan. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan teknik analisis data komparatif yaitu dengan cara membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan dan teknis analisis kritis untuk menganalisis data kualitatif. Dari analisis data komparatif menunjukkan bahwa pada Prasiklus diperoleh data mengenai kemampuan rata-rata anak dalam satu kelas sebesar 36.42%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui siklus I diperoleh hasil sebesar 78.55% dan dilakukan tindakan siklus II kemampuan motorik kasar ratarata anak dalam 1 kelas meningkat lagi menjadi 94.29%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan sunda manda dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Pertiwi Mlese II Gantiwarno Klaten Tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar, Permainan Sunda Manda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:51
Last Modified: 20 Oct 2021 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item