Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika (PTK Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 1 Wedarijaksa Tahun Ajaran 2013/2014)

Taubah, Rofinda and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika (PTK Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 1 Wedarijaksa Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Front Page)
00_DAL_DEPAN.pdf

Download (20MB)
[img]
Preview
PDF (Chapter I)
01_BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Chapter II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Chapter III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Chapter IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Chapter V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bibliography)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Appendix)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Manuscript Publication)
09_naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research(CAR). Subjek penerima tindakan yaitu siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Wedarijaksa yang berjumlah 36 siswa dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, soal tes dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator kemampuan komunikasi matematika, yaitu (1) menjelaskan ide matematika secara lisan, tulisan, gambar, grafik maupun aljbar terjadi peningkatan sebesar (39,44%), yaitu sebelum tindakan (30,56%) meningkat menjadi (70%) (2) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika (50%), yaitu sebelum tindakan (25%) meningkat menjadi (75%) dan (3) berdiskusi dan presentasi tertulis dalam pembelajaran matematika terjadi peningkatan sebesar (30,55%), yaitu sebelum tindakan (41,67%) meningkat menjadi (72,22%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: saintifik, Problem Based Learning, kemampuan komunikasi matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2014 09:04
Last Modified: 17 Oct 2021 20:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item View Item