Pengembangan kemampuan afeksi sosial emosional melalui strategi saling tukar alat mainan Pada anak kelompok a. Tk aisyiyah Demangan sambi boyolali Tahun 2013/2014

HASTUTI, TRI RETNO PUJI and , Drs. Sutan Syahrir Zabda (2014) Pengembangan kemampuan afeksi sosial emosional melalui strategi saling tukar alat mainan Pada anak kelompok a. Tk aisyiyah Demangan sambi boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (815kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF ( Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan afeksi sosial emosional pada anak kelompok A. TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan strategi saling tukar alat mainan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan II Siklus. Prosedur penelitian ini terdiri darie empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 20 anak terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan komparatif. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan afeksi sosial emosional pada anak kelompok A TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan strategi saling tukar alat mainan anak yang mampu mencapai indikator pencapaian berjumlah 8 anak atau 40% sedangkan yang belum mencapai indikator pencapaian berjumlah 12 anak atau 60%, setelah dilaksanakan tindakan dengan strategi saling tukar alat mainan diperoleh hasil kemampuan afeksi sosial emosional anak yaitu pada siklus I yang berhasil mencapai indikator pencapaian berjumlah 10 anak atau 50% sedangkan yang belum mencapai indikator pencapaian berjumlah 10 anak juga atau 50%, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil kemampuan afeksi sosial emosional anak yang sudah mencapai indikator pencapaian sebesar 80% atau meningkat 30% dari siklus I. Dengan demikian, penggunaan strategi saling tukar alat mainan dapat meningkatkan kemampuan afeksi sosial emosional pada anak didik kelompok A TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan afeksi sosial emosional, Strategi saling tukar alat mainan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 09 Sep 2014 13:58
Last Modified: 20 Oct 2021 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30103

Actions (login required)

View Item View Item