Pengaruh Bimbingan Belajar Nonformal Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA N 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

ASYARI, AHMAD HASAN (2014) Pengaruh Bimbingan Belajar Nonformal Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA N 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bimbingan belajar nonformal terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014, (2) Pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014, (3) Pengaruh bimbingan belajar nonformal dan kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 2 Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 213 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MS 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket bimbingan belajar nonformal, metode tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear ganda. Dari hasil penelitian pada � = 5%, diperoleh: (1) terdapat pengaruh bimbingan belajar nonformal terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014, (3) terdapat pengaruh bimbingan belajar nonformal dan kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014. Sumbangan Relatif (SR) X1 terhadap Y sebesar 93%, Sumbangan Relatif (SR) X2 terhadap Y sebesar 7%. Sumbangan Efektif (SE) X1 terhadap Y sebesar 46,4%, Sumbangan Efektif (SE) X2 terhadap Y sebesar 3,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar nonformal, kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Sep 2014 13:07
Last Modified: 09 Sep 2014 14:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30098

Actions (login required)

View Item View Item