Cahyo, Sayful Rochim and , Dr. Siti Chalimah, M.Pd. (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem Menggunakan Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas Vii D Mts Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (388kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran yaitu pengembangan belajar aktif pada mata pelajaran biologi materi ekosistem, karena kemampuan siswa dalam bidang biologi merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kemampuan dalam memasuki dunia sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi ekosistem siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Ngemplak. Metode penelitian yang digunakan adalah penggunaan media kartu bergambar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebelum penerapan strategi diperoleh bahwa siswa yang belum tuntas kkm sebanyak 27 (67,5%) sedangkan siswa yang tuntas kkm sebanyak 13 (32,5%). Setelah penerapan strategi kartu bergambar, pada siklus I diperoleh bahwa siswa yang tuntas kkm sebanyak 22 (55%) sedangkan siswa yang tuntas kkm sebanyak 18 (45%). Pada siklus II diperoleh bahwa siswa yang belum tuntas kkm sebanyak 10 (25%) sedangkan siswa yang tuntas kkm sebanyak 30 (75%). Pada siklus III diperoleh bahwa siswa yang belum tuntas kkm sebanyak 6 (15%) sedangkan siswa yang tuntas kkm sebanyak 34 (85%). Peningkatan siklus I ke siklus II sebanyak 30%, sedangkan siklus II ke siklus III sebanyak 10%. Hipotesis tindakan dengan pencapaian indikator sebesar 80% dengan nilai diatas kkm (≥71) dapat dibuktikan kebenarannya. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan media kartu bergambar, dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Ekosistem, baik dari aspek kognitif maupun afektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran aktif, kartu bergambar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 13:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30097 |
Actions (login required)
View Item |