Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Cooperative Tipe Teams Games Tournament (Tgt) (PTK Pada Siswa Kelas XI OB SMK Harapan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014)

Ciredes, Aris and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Cooperative Tipe Teams Games Tournament (Tgt) (PTK Pada Siswa Kelas XI OB SMK Harapan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa dengan strategi Cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI OB SMK Harapan Kartasura. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru metematika dan peneliti. Siswa kelas XI OB berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 38 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti berperan sebagai observer, sedangkan obyek penelitian adalah kreativitas belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Rasa ingin tahu terhadap suatu masalah, pra siklus 31,59%, siklus I 39,47%, siklus II 78,94%. (2) Menentukan solusi dan menuliskan jawaban, pra siklus 23,68%, siklus I 36,84%, siklus II 76,31%. (3) Menentukan kesimpulan, pra siklus 18,42%, siklus I 26,31%, siklus II 65,78%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar; Cooperative; Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:27
Last Modified: 16 Oct 2021 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30091

Actions (login required)

View Item View Item