Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(Tgt)( PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Semester Genap, Tahun Ajaran 2013/2014

Anshori, Muhammad Isa and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(Tgt)( PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Semester Genap, Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens siswa kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas, sumber data guru dan siswa. Siswa kelas VII A sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 30 siswa dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Keberanian siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami sebelum tindakan ada 5 siswa (16,67%), setelah tindakan menjadi 21 siswa (70,00%); (2) Keberanian siswa mengungkapkan pendapat sebelum tindakan ada 7 siswa (23,33%), setelah tindakan menjadi 16 siswa (73,33%); (3) Siswa memperhatikan guru pada saat kegiatan belajar mengajar sebelum tindakan ada 10 siswa (33,33%), setelah tindakan menjadi 25 siswa (83,33%); Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, Team Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:16
Last Modified: 16 Oct 2021 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item