Peningkatan Penalaran Matematik Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing ( PTK Siswa Kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Ajaran 2013/2014 )

Tahmalia, Intan and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Peningkatan Penalaran Matematik Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing ( PTK Siswa Kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Ajaran 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penalaran matematik siswa melaluipendekatan saintifik dengan model Discovery Learning pada siswa kelas VIII EMTs Muhammadiyah Blimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) atau Classroom Action Research(CAR). Subjek penerima tindakanyaitu siswa kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 30 siswa,yang terdiri dar 6 laki-laki dan 24 perempuan dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan datadilakukan dengan observasi, soal, dokumentasi dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanpenalaran matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator penalaran matematik, yaitu (a) kemampuan siswa mengajukan dugaan sebelum tidakan sebanyak 30% ( 9 siswa ), pada siklus I sebanyak 50% (15 siswa ) dan pada siklus II sebanyak 80% ( 24 siswa ), (b) kemampuan siswa memberikan alasan/bukti kebenaran sebelum tindakan sebanyak 16,6% ( 5 siswa ), pada siklus I sebanyak 26,6% ( 8 siswa ) dan pada siklus II sebanyak 66,6% ( 20 siswa ), (c) kemampuan siswa menemukan pola suatu gejala matematis sebelumtindakan sebanyak 23,3% ( 7 siswa ), pada siklus I sebanyak 40% ( 12 siswa ) dan pada siklus II sebanyak 73% ( 22 siswa ).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Discovey Learning, Penalaran Matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:24
Last Modified: 16 Oct 2021 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

View Item View Item