Nugroho, Irvan and , Dr. Slamet H.W, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation Untuk Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (358kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (563kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Group Investigation bagi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono. Siswa kelas XI Akuntansi 2 berperan sebagai subjek penerima tindakan yang berjumlah 34 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan,dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data/reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika dalam penerapan strategi pembelajaran Group Investigation yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mengemukakan gagasan berpikir, sebelum tindakan (23,52%), pada putaran I (32,35%), pada putaran II (50%), dan pada putaran III (55,88%), (2) bertanya kepada guru dalam pembelajaran, sebelum dilakukan penelitian (26,47%), pada putaran I (35,29%), pada putaran II (58,82%), dan pada putaran III (67,64%), (3) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum dilakukan penelitian (38,35%), pada putaran I (41,17%), pada putaran II (64,70%), dan pada putaran III (76,47%), (4) hasil belajar matematika siswa meningkat, sebelum tindakan (32,35%), pada putaran I (55,88%), pada putaran II (70,58%), dan pada putaran III (79,41%). Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar; hasil belajar; group investigation. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 11:58 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30083 |
Actions (login required)
View Item |