Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Pengguna Pil KB Di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013

AMBARWATI, FITRI (2014) Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Pengguna Pil KB Di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Pil KB merupakan salah satu kontrasepsi hormonal yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Akan tetapi melakukan pengkonsumsian secara tidak teratur dapat beresiko terjadinya kehamilan. Pendidikan turut menentukan mudah tidaknya seseorang menyerap dan memahami tentang pil KB yang mereka ketahui berdasarkan kebutuhan dan kepentingan. Wanita yang mempunyai pengetahuan lebih baik tentang pil KB dan manfaatnya akan lebih mentaati aturan penggunaan pil KB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pada pengguna pil KB di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 285 akseptor pil KB di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji korelasi Spearman dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan rendah tetapi pasti antara tingkat pendidikan dengan kepatuhan pada pengguna pil KB di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Terdapat hubungan yang positif dan kuat sekali antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pada pengguna pil KB di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pengetahuan, Kepatuhan, Pil KB, Weru, Sukoharjo
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 09 Sep 2014 11:58
Last Modified: 09 Sep 2014 16:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30082

Actions (login required)

View Item View Item