Pola Motivasi Dalam Novel Habibie Dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie : Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA

Safitri, Apriyani and , Dr. Nafron Hasjim (2014) Pola Motivasi Dalam Novel Habibie Dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie : Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (860kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel HDA karya Bacharuddin Jusuf Habibie, (2) mendeskripsikan pola motivasi tokoh novel, (3) dan memaparkan implementasinya sebagai bahan ajar di SMA. Jenis dan strategi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan studi terpancang. Objek penelitian ini adalah pola motivasi dalam tokoh tinjauan psikologi sastra. Data penelitian ini berupa paragraf, kalimat, dan kata yang berhubungan dengan struktur dan pola motivasi yang terkandung dalam novel. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel HDA karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Sumber data sekunder penelitian ini adalah journal, artikel di internet tentang riwayat hidup Bacharuddin Jusuf Habibie dan buku-buku lain yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik Validitas data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil analisis struktural, tema dalam novel tentang kekuatan cinta. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Ainun, BJ Habibie, Ilham Thareq, Pak Harto, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Andi Muhammad Jusuf Amir. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Latar waktu pada novel terjadi skitar tahun 1962-2010, latar tempat dalam yaitu Jakarta, Aachen Jerman Barat, Jalan Rangga Malela Bandung, Jalan Imam Bondjol Bandung, Kekerbeck Jerman, rumah sakit Bad Oeynhusuen Jerman, dan latar sosial kehidupan Ainun yang selalu berperan aktif dalam kehidupan sosial. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra. Pola motivasi yang ada pada novel HDA yaitu (a) achievement motivation (motivasi menghadapi tantangan) , (b) affiliant motivation (motivasi untuk bersosialisasi), (c) competence motivation (motivasi berprestasi) dan (d) power motivation (motivasi mengambil resiko). Pola motivasi pada novel HDA karya Bacharuddin Jusuf Habibie dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel HDA, polamotivasi.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 08:33
Last Modified: 20 Oct 2021 01:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30070

Actions (login required)

View Item View Item