Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Karakter Kepedulian Sosial Pada Anggota Karang Taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun (Studi Kasus di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar)

Haryanto, Teguh and , Danang Tunjung Laksono, S.Pd, M.Pd. (2014) Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Karakter Kepedulian Sosial Pada Anggota Karang Taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun (Studi Kasus di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (518kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bentuk pengembangan karakter tanggung jawab dan karakter kepedulian sosial serta kendalanya, mendeskripsikan bentuk pengembangan karakter tanggung jawab dan karakter kepedulian sosial pada anggota karang taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar, mendeskripsikan kendala yang di hadapi karang taruna dalam pengembangan karakter tanggung jawab dan kepedulian sosial pada anggota karang taruna Desa Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan yakni masyarakat di Desa Karangbangun, Ketua Karang Taruna, anggota Karang Taruna dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis Interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengikuti kegiatan-kegiatan karang taruna dapat membentuk karakter tanggung jawab dan karakter kepedulian sosial pada anggota karang taruna. Hal tersebut dibuktikan bahwa sebelum anggota karang taruna mengikuti kegiatan, banyak anggota yang belum mempunyai kesadaran rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial, setelah mengikuti kegiatan-kegiatan karang taruna banyak anggota yang mulai mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugas atau kegiatan karang taruna dan peduli antar sesama anggota, pengurus, dan warga masyarakat sekitar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Karakter, Karang Taruna, Tanggung Jawab dan Kepedulian Sosial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 08:06
Last Modified: 19 Oct 2021 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30068

Actions (login required)

View Item View Item