Faktor Penyebab Putus Sekolah Dan Dampak Negatifnya Bagi Anak (Studi Kasus di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar)

Farah, Mutiara and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd.. (2014) Faktor Penyebab Putus Sekolah Dan Dampak Negatifnya Bagi Anak (Studi Kasus di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab putus sekolah dan dampak negatifnya bagi anak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan strategi studi kasus tunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak putus sekolah, orang tua yang memiliki anak-anak putus sekolah, serta tokoh masyarakat di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Objek dalam penelitian ini meliputi faktor-faktor yang menyebabkan anak putus sekolah di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dan dampak negatifnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan teknik atau metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab putus sekolah pada anak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor Internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri. Faktor internal terdiri dari rendahnya motivasi/ minat anak untuk bersekolah dan mengidap suatu penyakit. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri anak. Faktor eksternal terdiri dari: a) keterbatasan ekonomi, b) sosial/ budaya, dan c) geografis. Dampak negatif yang ditimbulkan bagi anak putus sekolah di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar terdiri dari: a) rendahnya wawasan/ pengetahuan anak, b) menciptakan pengangguran, c) kenakalan remaja, dan d) anak menjadi pengemis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, anak, putus sekolah, dampak.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 07:50
Last Modified: 19 Oct 2021 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item