Hubungan Status Gizi Dan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Anak Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta

Wijayanto, Sri Kuncoro Kusuma and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2014) Hubungan Status Gizi Dan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Anak Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Hal_Depan.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Publikasi_Full_Text.pdf

Download (358kB)

Abstract

Pendahuluan : Anak sekolah dasar berada di usia antara 6-12 tahun. Pada masa ini status gizi dan kebiasaan sarapan pagi sangatlah mempengaruhi prestasi belajar anak di kelas. Apabila status gizi dan kebiasaan sarapan anak kurang maka di khawatirkan akan menurunkan pencapaian prestasi belajar anak. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak di SD Muhammadiyah 16 Surakarta Metode Penelitian : Jenis penelitian observasional dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 45 siswa sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan antropometri, recall 24 jam dan data nilai rapor siswa. Uji statistik yang digunakan adalah uji kolmogorovsmirnov, uji pearson product moment dan rank spearman. Hasil : Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat 6,6% siswa memiliki status gizi tidak normal, 11,1% tidak memiliki kebiasaan sarapan pagi dan 37,7% siswa memiliki prestasi belajar baik. Hasil uji hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar diperoleh nilai p = 0,977 dan hasil uji hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar diperoleh nilai p = 0,104 Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak di SD Muhammadiyah 16 Surakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Status gizi, kebiasaan sarapan pagi, prestasi belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 09 Sep 2014 05:43
Last Modified: 09 Sep 2022 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item