Hubungan Status Gizi Dan Kesegaran Jasmani Dengan Prestasi Belajar Siswa SDN 1 Musuk Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali

Ningrum, Wahyu and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2014) Hubungan Status Gizi Dan Kesegaran Jasmani Dengan Prestasi Belajar Siswa SDN 1 Musuk Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (305kB)

Abstract

Pendahuluan : prestasi belajar merupakan hasil usaha dalam menguasai pelajaran dan dapat memberikan kepuasan tertentu kepada siswa, hasil prestasi belajar dapat dilihat dari nilai ulangan, tugas-tugas dan raport. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar terdiri dari faktor internal yang terdiri dari aspek fisiologi, aspek psikologis, status gizi dan kesegaran jasmani. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan, keluarga, les privat dan sekolah. Tingkat prestasi belajar siswa kelas 3, 4, 5 SDN 1 Musuk pada bulan September 2014 sebanyak 59,41% siswa memiliki prestasi belajar yang baik, 40,59% siswa memiliki prestasi belajar yang tidak baik. Tujuan : untuk mengetahui hubungan status gizi dan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar siswa SD N 1 Musuk Kecamatan Musuk kabupaten Boyolali. Metode : jenis penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunkan teknik simple random sampling sebanyak 35 responden. Data status gizi diperoleh dengan pengukuran antropometri, data kesegaran jasmani diperoleh dengan pengukuran Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan data prestasi belajar diperoleh dari nilai raport semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Untuk menganalisis hubungan menggunakan uji statistik pearson product moment. Hasil : karakteristik jenis kelamin responden sebagian besar adalah laki-laki (51,4%), responden sebagian besar berumur 9 tahun 6 bulan, status gizi responden sebagian besar adalah normal (62,9%), kesegaran jasmani responden sebagaian besar adalah kurang (40%) serta prestasi belajar siswa sebagian besar adalah baik (60%). Hasil uji korelasi tidak ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar (p=0,508), tidak ada hubungan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar (p=0,836). Kesimpulan : tidak ada hubungan status gizi dan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: status gizi, kesegaran jasmani, prestasi belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 08 Sep 2014 16:00
Last Modified: 09 Sep 2022 03:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30062

Actions (login required)

View Item View Item