Aspek Sosial Dalam Naskah Drama “Nyai Ontosoroh” Karya Faiza Mardzoeki: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

HANDAYANI, GALUH TRIA (2014) Aspek Sosial Dalam Naskah Drama “Nyai Ontosoroh” Karya Faiza Mardzoeki: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (534kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh”, (2) mendeskripsikan aspekaspek sosial yang terkandung dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh” karya Faiza Mardzoeki dengan tinjauan sosiologi sastra, (3) mendeskripsikan implementasi pengajaran sastra dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh” karya Faiza Mardzoeki dengan tinjauan sosiologi sastra. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitif. Objek penelitian ini adalah aspek sosial dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh” karya Faiza Mardzoeki. Data dalam penelitian ini adalah kata, kalimat, dan paragraf yang berhubungan dengan objek penelitian yang ada dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh” karya Faiza Mardzoeki. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah naskah drama “Nyai Ontosoroh” karya Faiza Mardzoeki, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel di internet yang berhubungan dengan biografi Faiza Mardzoeki dan skripsi yang berhubungan dengan permasalahan penelitian, yaitu yang berkaitan dengan aspek sosial dan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan simak serta teknik catat. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi teoretis. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dialektika. Hasil analisis struktural naskah drama “Nyai Ontosoroh” diperoleh tema perlawanan seorang perempuan yang dirampas kedaulatannya oleh ayah kandungnya dan dihinakan oleh masyarakat. Alur yang digunakan dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh” adalah alur maju. Tokoh utama dalam naskah drama “Nyai Ontosoroh” adalah Nyai Ontosoroh (Sanikem), dan tokoh tambahan terdiri dari 8 orang. Latar waktu yang digunakan pada tahun 1898, saat Nyai Ontosoroh berusia 14 tahun sampai berusia sekitar 35 tahun dan menggunakan latar tempat di Surabaya. Berdasarkan tinjauan sosiologi sastra, aspek sosial yang diperoleh adalah budaya, kemiskinan, produksi, dan ketidakadilan hukum. Naskah drama “Nyai Ontosoroh” dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra untuk mengkaji unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya sastra.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: struktural, aspek sosial, sosiologi sastra, implementasi sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Sep 2014 13:29
Last Modified: 08 Sep 2014 13:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30060

Actions (login required)

View Item View Item