Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Tunagrahita Kelas X/C (Studi kasus di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Pramessiwi, Dinda Riski and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si.. (2014) Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Tunagrahita Kelas X/C (Studi kasus di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa kelas X/C yang terdapat di SLB Negeri Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa tunagrahita di SMALB ialah dalam menggunakan silabus dan RPP mengadopsi dari sekolah reguler dan disesuaikan dengan kondisi siswa. Permulaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMALB dengan melakukan flash back materi pertemuan sebelumnya, dalam penggunaan alat bantu pembelajaran dan sumber belajar harus disesuaikan dengan kondisi siswa tunagrahita, dan dalam pembelajaran guru wajib mengkaitkan pembelajaran dengan kegiatan secara nyata. Penjabaran materi dilakukan oleh guru kemudian kalau siswa sudah mengerti dilanjutkan tanya jawab. Umpan balik dalam pembelajaran menjadi salah satu interaksi antara guru dengan murid dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, sehingga menghasilkan hasil belajar tersebut menjadi tolak ukur sejauh mana siswa memahami pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Sep 2014 15:55
Last Modified: 19 Oct 2021 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30040

Actions (login required)

View Item View Item