Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas X Dalam Mitigasi Bencana Banjir Di SMK Muhammadiyah 1 Kelurahan Joyotakan Kota Surakarta

Hildawati, Hildawati and , Drs. Dahroni, M.Si (2014) Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas X Dalam Mitigasi Bencana Banjir Di SMK Muhammadiyah 1 Kelurahan Joyotakan Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (863kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (601kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemberian pengetahuan tentang mitigasi bencana penting dilakukan di sekolah karena sekolah merupakan tempat untuk memberikan informasi kepada siswa sehingga siswa dapat menyebarluaskannya di masyarakat dan orang tua, sekolah merupakan tempat untuk melakukan upaya-upaya terkait dengan pengurangan resiko bencana serta upaya untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan, sekolah yang berlokasi di daerah rawan bencana memiliki tingkat kerentanan yang tinggi terhadap bencana. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dengan judul “TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS X DALAM MITIGASI BENCANA BANJIR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KELURAHAN JOYOTAKAN KOTA SURAKARTA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas X di SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA mengenai penyebab bencana banjir serta mengetahui tindakan pencegahan dan penyelamatan diri siswa saat terjadi banjir di SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Populasi kelas X di SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA adalah 185 siswa yang akan dijadikan penelitian, sehingga terdapat kuesioner 185 yang akan dibagikan baik untuk rumusan masalah pertama dan kedua.. Penelitian yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mengenai penyebab bencana banjir dan tindakan pencegahan serta penyelamatan diri siswa saat terjadi banjir pada siswa kelas X SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menghitung perhitungan persentase, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang ada. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas X dalam mitigasi bencana banjir baik Kelas XA,XB,XC,XD,XE, maupun XF menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mengenai penyebab bencana banjir maupun tindakan pencegahan dan penyelamatan diri siswa dalam bencana banjir masuk dalam kategori yang baik dalam mitigasi bencana banjir.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bencana banjir, Pengetahuan, Mitigasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 05 Sep 2014 12:21
Last Modified: 15 Oct 2021 13:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30026

Actions (login required)

View Item View Item