Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten

Setyawati, Herni (2014) Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang di antara pertemuan 3 lempeng tektonik. Keadaan tersebut membuat Indonesia rentan terhadap ancaman bencana geologi seperti letusan gunung berapi, gempabumi, tsunami dan tanah longsor. Salah satu wilayah yang rawan bencana gempabumi Klaten, karena kota Klaten berdekatan dengan gunung Merapi yang masih aktif, sehingga daerah di sektar gunung Merapi rawan bencana. Untuk mengurangi dampak bencana gempabumi perlu adanya pengetahuan dan kesiapsiagaan tidak hanya masyarakat, tetapi juga pada remaja di tingkat Sekolah Pendidikan Pertana (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa Kelas II IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten terhadap bencana gempabumi di Kabupaten Klaten, (2) untuk mengetahui pengetahuan siswa kelas II IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten terhadap bencana gempabumi, dan (3) untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana pada siswa di SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Cawas seluruh kelas XI IPS berjumlah 132 siswa dari 4 kelas. Sampel penelitian kelas XI IPS dengan jumlah sampel 66 siswa atau siswa dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kepustakaan, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Kesimpulan dalam peneliti ini yaitu : (1) Pengetahuan siswa kelas II IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten terhadap bencana gempa bumi termasuk kategori sedang. Hal ini ditunjukkan perolehan frekuensi antara 54 -58 sebanyak 30 subjek atau 46%. Tingkat mengetahui dan kurang mengetahui sama sebanyak 18 subjek atau 27,3%. Tingkat kurang mengetahui antara 49-53 dan tingkat mengetahui antara 5-62. (2) Tingkat kesiapsiagaan siswa Kelas II IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten terhadap bencana gempa bumi di kabupaten klaten termasuk siap. Hal ini ditunjukkan untuk frekuensi dengan nilai antara 16 – 32 sebanyak 28 subjek atau 42,4%. Tingkat hampir siap antara 33-54 sebanyak sebanyak 21 atau 31,8%, dan tingkat siap antara 55-64 sebanyak 17 orang atau 25,8%. (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara tingkat pengetahuan siswa dengan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi pada siswa kelas II IPS SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan hasil korelasi sebesar 0,612 denan sig. atau p = 0,022 (p = 0,022 < 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kesiapsiagaan, Bencana Gempabumi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Sep 2014 08:20
Last Modified: 05 Sep 2014 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30022

Actions (login required)

View Item View Item