LESTARI, ESTI BUDI and , Drs. H. Nur Chusni, SE., M.Ag. M Pd. (2014) Pengaruh Interaksi Belajar Mengajar Dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP 1 Al-Islam Surakarta Tahun 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (534kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (731kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah ; 1) Pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP 1 AL-ISLAM Surakarta.2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP 1 AL-ISLAM Surakarta. 3) pengaruh interaksi belajar mengajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP 1 AL-ISLAM Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 1 Al-Islam Surakarta dengan sampel 155 responden dengan teknik Probability sampling dan metode pengambilan sampel dengan cara Simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan diuji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y= 9,505+ 0,416X1 + 0,629X2. Persamaan ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh interaksi belajar mengajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah. . Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) 1) interaksi belajar mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari thitung > ttabel 4,931 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari thitung> ttabel yaitu 7,840 > 1,976 dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 3) interaksi belajar mengajar dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel yaitu 110,091 > 1,552 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 6) Koefisien determinasi sebesar 0,586 yang artinya bahwa ada pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel interaksi belajar mengajardan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar 58,6% sedangkan 41,4% dipengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi belajar mengajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 03 Sep 2014 14:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 12:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30010 |
Actions (login required)
View Item |