Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Dari Guru Terhadap Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Pratiwi, Winda and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Dari Guru Terhadap Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (236kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (346kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap kreativitas belajar siswa, (2) pengaruh motivasi dari guru terhadap kreativitas belajar siswa, dan (3) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi dari guru terhadap kreativitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 357 siswa dengan sampel sebanyak 177 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Angket telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 16,989 + 0,152 + 0,249 , artinya kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi dari guru. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu (4,279) > (1,974) (α = 0,05). (2) motivasi dari guru berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu (3,726) > (1,974) (α = 0,05). (3) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar dari guru dan motivasi dari guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa kelas X SMA Negeri I Kartasura Tahum Ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh (28,490) > (3,048) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,247, berarti 24,7% kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kpersepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi dari guru, sisanya sebesar 75,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, motivasi dari guru, kreativitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Sep 2014 12:38
Last Modified: 15 Oct 2021 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30004

Actions (login required)

View Item View Item