ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP INFORMASI LABA PERUSAHAAN PERATA LABA DAN NON PERATA LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Wicaksono, Dhany (2008) ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP INFORMASI LABA PERUSAHAAN PERATA LABA DAN NON PERATA LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_030_211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

Perhatian investor yang sering terpusat pada informasi laba, tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba tersebut mendorong manajer untuk melakukan manajemen atas laba (earning management). Salah satu tindakan manajemen atas laba yang dapat dilakukan oleh manajemen adalah tindakan income smoothing (perataan laba). Perataan laba dilakukan untuk meningkatkan kepuasan relasi-relasi usaha, meningkatkan persepsi pihak eksternal terhadap kemampuan manajemen dan meningkatkan kompensasi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris tentang reaksi pasar terhadap pengumuman informasi laba yang dilakukan oleh perusahaan yang melakukan praktik perata laba dan yang tidak melakukan praktek perata laba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dari tahun 2003-2005. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dari hasil perhitungan perataan laba dengan Indecks Eckel diperoleh jumlah sampel 46 perusahaan yang terindikasi melakukan perataan laba dan 20 perusahaan yang terindikasi bukan perata laba. Metode analisis yang digunakan adalah one samples t-test, yaitu untuk menguji reaksi pasar untuk masing-masing kelompok perusahaan perata laba dan bukan perata laba. Berdasarkan hasil uji one sample kolmogorov-smirnov test untuk hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai rata-rata abnormal return perusahaan perata laba periode tahun 2004-2006 (pooled data), pada hari ke - 5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, dan 5 berbeda secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sign) yang lebih kecil dari 0,05 (P < 0,05), jadi hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pasar tidak bereaksi kuat terhadap informasi laba perusahaan perata laba ditolak. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa nilai abnormal return perusahaan perata laba pada hari ke -5, -3, -2, -1, 3, 4, dan 5 tidak berbeda secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sign) yang lebih besar dari 0,05 (P > 0,05), jadi Hipotesis yang menyatakan bahwa pasar tidak bereaksi kuat terhadap informasi laba perusahaan bukan perata laba diterima untuk hari tersebut. Sedangkan pada hari ke -4, 0, 1, dan 2 ada perbedaan yang signifikan, jadi pasar bereaksi secara kuat pada keempat hari tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reaksi pasar, income smoothing, abnormal return
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jun 2008 03:20
Last Modified: 17 Nov 2010 14:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item