Hubungan Tingkat Konsumsi Energi Dan Protein Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEk) Pada Siswa Putri Di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta

PUJIATUN, TRI and , Dyah Widowati, SKM and , Ika Nur Mayorie, SKM (2014) Hubungan Tingkat Konsumsi Energi Dan Protein Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEk) Pada Siswa Putri Di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (708kB)

Abstract

Pendahuluan : Kurang energi kronis (KEK) pada remaja putri perlu mendapat perhatian, kurang energi kronis merupakan keadaan dimana seseorang menderita kurang asupan zat gizi energi dan protein yang berlangsung lama atau menahun. Seseorang dikatakan menderita risiko kurang energi kronis bilamana lingkar lengan atas LLA<23,5 cm. Berdasarkan survey pendahuluan yang peneliti lakukan, prevalensi KEK di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta sebesar 25,71%. Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat konsumsi energi dan protein dengan kejadian kurang energi kronis (KEK) pada siswa putri di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran LLA untuk mengetahui kejadian KEK dan dilakukan recall 3x 24 jam konsumsi makan untuk mengetahui tingkat konsumsi energi dan protein siswa putri. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga didapat sampel sebanyak 40 siswa putri menggunakan uji Spearman Rank. Hasil : Siswa putri SMA Muhammadiyah 6 Surakarta sebagian besar subjek penelitian tingkat konsumsi energi kurang sebanyak (65%), tingkat konsumsi protein baik sebesar (52,5%) dan mengalami KEK sebesar 62,5%. Ada Hubungan tingkat konsumsi energi dan protein dengan kejadian kurang energi kronis (KEK) pada siswa putri p= 0.000. Kesimpulan : Ada hubungan tingkat konsumsi energi dan protein dengan kejadian kurang energi kronis pada siswa putri di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Kata Kunci : Hubungan konsumsi energi dan protein. Siswa putri kurang energi kronis (KEK)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan konsumsi energi dan protein. Siswa putri kurang energi kronis (KEK)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Sep 2014 12:18
Last Modified: 17 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29989

Actions (login required)

View Item View Item