Studi Komparatif Hasil Belajar Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Dan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung 1 Tahun Pelajaran 2013/2014

Ikawati, Tyas Yanuar and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2014) Studi Komparatif Hasil Belajar Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Dan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan proses pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa dalam penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dan strategi pembelajaran Index Card Match. (2) Membedakan hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa melalui penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dan strategi pembelajaran Index Card Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data- data angka yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan statistic. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kedawung 1 tahun ajaran 2013/2014, yaitu kelas VA yang dikenai perlakuan strategi pembelajaran The Power of Two dan VB yang dikanai perlakuan strategi pembelajaran Index Card Match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal post-test yang sebelumnya telah diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Untuk uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan sebelum dikenai perlakuan dilakukan uji keseimbangan. Dengan dipenuhinya sifat normalitas dan seimbang maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: thitung>ttabel, yaitu 2,814> 2,028. Dengan DK = { t | t < - ttabel atau t > ttabel } dan thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kedua strategi pembelajaran dan dengan rata-rata nilai 78,89 > 70,71 strategi pembelajaran The Power of Two lebih besar pengaruhnya dari strategi pembelajaran Index Card Match pada hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa kelas V SD Negeri Kedawung 1 tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Power of Two, Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Sep 2014 07:43
Last Modified: 20 Oct 2021 01:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29971

Actions (login required)

View Item View Item