Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Purwodadi Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014

Oktavianita, Agil and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Purwodadi Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 09 Purwodadi, Grobogan dengan penerapan strategi Inside-Outside Circle. Jenis penelitian ini adalah PTK, subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa ke as V SD 09 Purwodadi, Grobogan dengan obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inside-Outside Circle dan motivasi belajar PKn di kelas V SD 09 Purwodadi, Grobogan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar PKn yang dapat dilihat dari indikator-indikator motivasi belajar yang mencakup: 1) siswa semangat dalam proses pembelajaran, 2) siswa tidak berputus asa dalam pembelajaran, 3) siswa aktif dalam proses pembelajaran, 4) siswa berani mengungkapkan ide atau gagasan, dan 5) siswa senang dalam proses pembelajaran, meningkat dari Pra Siklus 20%, Siklus I Pertemuan I 40%, Siklus I Pertemuan II 70%, Siklus II Pertemuan I 75%, Siklus II Pertemuan II 85%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai ratarata 64,25, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71, dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan strategi Inside-Outside Circle dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 09 Purwodadi, Grobogan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, PKn, Inside-Outside Circle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Aug 2014 12:38
Last Modified: 20 Oct 2021 01:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item View Item