Analisis Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dan Subordinatif Pada Rubrik Hukum Dan Kriminal Dalam Surat Kabar Solopos Edisi Agustus-Oktober 2013

Suryantini, Dewi and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2014) Analisis Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dan Subordinatif Pada Rubrik Hukum Dan Kriminal Dalam Surat Kabar Solopos Edisi Agustus-Oktober 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (720kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (448kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis konjungsi koordinatif yang terdapat dalam rubrik Hukum dan Kriminal dalam surat kabar Solopos edisi Agustus-Oktober 2013, (2) jenis konjungsi subordinatif yang terdapat dalam rubrik Hukum dan Kriminal dalam surat kabar Solopos edisi Agustus-Oktober 2013. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam skripsi ini berupa bentuk konjungsi koordinatif dan subordinatif yang terdapat pada rubrik hukum dan Kriminal dalam surat kabar Solopos edisi Agustus-Oktober 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Hasil analisis data yang dilakukan penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif ditemukan 40 data. Dari data tersebut terdiri atas konjungsi koordinatif sebanyak 24 data dan konjungsi subordinatif sebanyak 16 data. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Konjungsi koordinatif meliputi: konjungsi penjumlahan ada 5 data, dengan kata hubung “dan”, konjungsi pemilihan ada 2 data, dengan kata hubung “atau”, konjungsi pertentangan ada 3 data, dengan kata hubung “namun”, konjungsi penegasan ada 3 data, dengan kata hubung “bahkan”, konjungsi pengurutan ada 3 data, dengan kata hubung “kemudian, selanjutnya, dan lalu”, konjungsi penyamaan ada 3 data, dengan kata hubung “yaitu dan adalah”, dan konjungsi penyimpulan ada 4 data, dengan kata hubung “maka dan jadi”. 2) Konjungsi subordinatif meliputi: konjungsi penyebaban terdapat 5 data, dengan kata hubung “karena”, konjungsi persyaratan ada 2 data, dengan kata “jika”, konjungsi tujuan ada 2 data, dengan kata hubung “agar”, konjungsi penyungguhan ada 1 data, dengan kata hubung “walaupun”, konjungsi kesewaktuan ada 2 data, dengan kata hubung “sebelum dan setelah”, konjungsi pengakibatan ada 3 data, dengan kata hubung “sehingga”, dan konjungsi perbandingan ada 1 data, dengan kata hubung “seperti”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Aug 2014 11:24
Last Modified: 19 Oct 2021 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29961

Actions (login required)

View Item View Item