Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Setyorini, Ririn (2014) Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bba V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan latar sosial budaya Kirana Kejora, (2) mendeskripsikan struktur novel, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra, (4) mendeskripsikan bagaimana implementasi psikologi sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa paragraf. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora. Sumber data sekunder penelitian ini adalah buku acuan yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi menggunakan trianggulasi data. Analisis data yaitu dengan model semiotik teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukan (1) latar belakang sosial budaya Kirana Kejora merupakan seorang penulis wanita kelahiran Ngawi, Jawa Timur pada 2 Februari 1972. Ciri khas karya Kirana Kejora yaitu tentang perjuangan dan cinta. (2) Struktur novel ini yaitu perjuangan hidup dan cinta seorang ibu. Alur dalam novel ini, yaitu alur maju. Tokoh dalam novel ini adalah tokoh utama yaitu Hanum (protagonis) dan tokoh tambahan yaitu Bintang (tritagonis), Agung (antagonis). Latar tempat dalam novel ini di Jakarta. Latar waktu novel ini antara tahun 1999-2009. Latar sosial novel ini adalah orang yang terkena HIV yang lalu mendapat cibiran dan penolakan dari masyarakat sekitar. (3) Konflik batin dalam novel ini (a) konflik mendekat-mendekat, yaitu konflik rasa bahagia dengan rasa syukur, dan konflik syukur dan bangga (b) konflik mendekat-menjauh, yaitu konflik cinta dan perpisahan, serta konflik bahagia dan sedih, dan (c) konflik menjauh-menjauh, yaitu konflik pasrah dan sedih, serta konflik marah dan kesal. (4) Implikasi hasil penelitian pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik batin, psikologi sastra, novel Bintang Anak Tuhan
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Aug 2014 08:01
Last Modified: 29 Aug 2014 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29957

Actions (login required)

View Item View Item