Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Dan Pola Asuh Gizi Dengan Status Gizi Balita Di Desa Ngebung Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen

Lestari, Nurul Fauzizah Ayu and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes and , Fitriana Mustikaningrum, S.Gz, M.Sc (2014) Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Dan Pola Asuh Gizi Dengan Status Gizi Balita Di Desa Ngebung Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (663kB)

Abstract

Pendahuluan : Balita umur 1-5 tahun merupakan kelompok rentan terhadap masalah gizi. Di Indonesia mengalami masalah gizi ganda, yaitu masalah gizi kurang dan gizi lebih. Berdasarkan survey pendahuluan yang peneliti lakukan, prevalensi gizi kurang dan gizi buruk di Desa Ngebung Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen sebesar 19,2%. Salah satu faktor tidak langsung yang dapat mempengaruhi status gizi kurang dan gizi buruk adalah pengetahuan ibu dan pola asuh gizi. Pengetahuan gizi merupakan hasil tahu seseorang tentang makanan dan zat-zat gizi, sumber-sumber zat gizi pada makanan dan cara mengolah makanan agar zat gizi dalam makanan tidak hilang, serta pola asuh gizi merupakan sikap atau perilaku ibu dalam pemberian dan pengaturan pola makan pada balita. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dan pola asuh gizi dengan status gizi balita di Desa Ngebung Kecamatan Kalijambe Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran antropometri untuk mengetahui status gizi kemudian dilakukan pengisian kuesioner pengetahuan ibu dan pola asuh gizi dengan status gizi balita. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling hingga didapat sampel sebanyak 35 balita menggunakan uji Pearson Product Moment Hasil : Sebagian besar tingkat pengetahuan ibu baik 57,1%, pola asuh gizi cukup memiliki 60,0% dengan status gizi balita sebagian besar normal 94,2%. Hubungan Pengetahuan ibu dengan status gizi balita nilai p= 0,162, Hubungan Pola asuh gizi dengan status gizi balita nilai p= 0,025 Kesimpulan : Ada Hubungan Antara Pengetahuan ibu dan Pola Asuh Gizi dengan Status Gizi Balita Di Desa Ngebung Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Ibu, Pola Asuh Gizi, Status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Aug 2014 07:10
Last Modified: 16 Sep 2022 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29955

Actions (login required)

View Item View Item