Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014)

Zulfa, Ismatul and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Nakah_Publikasi.pdf

Download (739kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (667kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa materi keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator: 1) siswa yang memperhatikan penjelasan guru pada kondisi awal sebesar 33,3%, siklus I 50% dan siklus II sebesar 77,8 %, 2) siswa yang antusias dalam mengikuti PBM pada kondisi awal 25%, siklus I 44,4% dan pada siklus II 63,9%, 3) siswa yang ulet dalam menghadapi kesulitan pada kondisi awal sebesar 13,9%, pada siklus I 36,1% dan pada siklus II sebesar 61,1%. Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari indikator siswa yang memenuhi nilai KKM ≥ 75, pada kondisi awal 16,7%, siklus I 47,2% dan pada siklus II sebesar 72,2%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Team Assisted Individualization, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2014 11:33
Last Modified: 14 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29927

Actions (login required)

View Item View Item