Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 4 Blora Tahun Ajaran 2013/2014)

Wibowo, Arisona Heri and , Drs.Ariyanto,.M.Pd (2014) Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 4 Blora Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (550kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Blora pada materi kubus dan balok dengan strategi Realistic mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Blora, yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan Keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas siswa meliputi: 1) siswa yang berani bertanya sebelum tindakan 13,64%, Siklus I 18,18%, Siklus II 22,73%, dan Siklus III 36,36%. 2) siswa yang memperhatikan guru sebelum tindakan 40,91%, Siklus I 50,00%, Siklus II 63,64%, dan Siklus III 81,82%. 3) siswa yang mau mengerjakan soal sebelum tindakan 31,82%, Siklus I 40,91%, Siklus II 54,55%, dan Siklus III 77,27%. 4) Siswa yang mau menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,09%, Siklus I 13,64%, Siklus II 13,64%, dan Siklus III 27,27%.. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Realistic Education, Mathematics, Kubus dan Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2014 11:14
Last Modified: 14 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item