Penguatan Nilai-Nilai Kemanusiaan Melalui Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Malik, Aji Istofana (2014) Penguatan Nilai-Nilai Kemanusiaan Melalui Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL-_ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIIKASI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai-nilai kemanusiaan melelui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan pada siswa kelas VII SMP Negeri Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelataran 2013/2014. Penelitian ini untuk mengetahui tentang, (1) untuk mendeskripsikan realitas penguatan nilainilai kemanusiaan melalui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Kabupaten Sukoharjo (2) untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang di dihadapi siswa dalam mewujudkan penguatan nilai-nilai kemanusiaan melalui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Kabupaten Suhoharjo (3) untuk mendeskripsikan upayaupaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam mewujudkan penguatan nilai-nilai kemanusiaan melalui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Kabupaten Sukoharjo Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, 1) Realitas penguatan nilai-nilai kemanusiaan melalui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan adalah mengajarkan ketertiban dan kedisiplinan pada siswa, mendidik dengan rasa asih, asah dan asuh pada siswa, mengajarkan sikap saling menghargai dan menghormati pada sesama, mengajarkan pada siswa untuk dapat saling rukun, kompak dan dapat bekerjasama dengan baik. 2) Kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mewujudkan penguatan nilai-nilai kemanusiaan melalui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, yaitu: (a) rasa malas dalam diri siswa, (b) kurangnya semangat dan antusias dalam menginguti kegiatan. Sedangkan faktor eksternal, yaitu: (a) kurangya perlengkapan atribut siswa dalam mengikuti kegiatan. (b) kurangnya peran serta orang tua untuk mendukung siswa mengikuti kegiatan kepramukaan. (3) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam mewujudkan penguatan nilainilai kemanusiaan melalui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan yaitu dengan cara: (1) penerapan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di dalam kegiatan pramuka serta dilakukan di alam terbuka. (2) Materi kegiatan kepramukaan dikemas dengan kreatif dan menantang. (3) Kegiatan kepramukaan dilaksanakan di alam terbuka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai kemanusiaan, Pendidian Kepramukaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2014 11:29
Last Modified: 20 Aug 2014 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29917

Actions (login required)

View Item View Item