Potensi Swadaya Masyarakat Dalam Pembangunan Desa (Studi Kasus di Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo Tahun 2013)

Fathoni, Riza Asnan (2014) Potensi Swadaya Masyarakat Dalam Pembangunan Desa (Studi Kasus di Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan potensi swadaya masyarakat dalam pembangunan Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo Tahun 2013, 2) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan potensi swadaya masyarakat dalam pembangunan Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo Tahun 2013, 3) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala dari pemanfaatan potensi swadaya masyarakat dalam pembangunan Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo Tahun 2013, 4) mendeskripsikan kendala-kendala dari pemanfaatan potensi swadaya masyarakat dalam pembangunan Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo tahun 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perangkat desa dan masyarakat yang meliputi kepala desa, Sekertaris Desa, tokoh masyarakat, Ketua RT, warga desa. Objek penelitian ini adalah potensi swadaya masyarakat dalam pem-bangunan Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Peran masyarakat di Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo dalam pembangunan desa sangatlah penting, dalam aspek fisik, pembangunan prasarana dan sarana di daerah pedesaan semestinya menempatkan penduduk atau masyarakat desa sebagai subjek pembangunan. kebersamaan dan tanggung jawab memang berpotensi dalam swadaya masyarakat desa Sidorejo. Kebersamaan warga dapat dilihat dari kekompakan dalam melakukan perbaikan jalan secara gotong royong demi terwujudnya kesejahteraan bersama. 2) Pemanfaatan potensi swadaya masyarakat dilihat dari tenaga masyarakatnya sendiri dalam menyelesaikan dan mengelola pembangunan jalan, pengairan, perbaikan parit di desa secara bersama-sama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama, yaitu: a) Potensi sumber daya manusia, b) Potensi kelembagaan baik lembaga pemerintahan desa (BPD dan Pemerintah Desa), c) Potensi kesadaran untuk berkelompok, d) Potensi sarana dan prasarana. 3) Kendala dalam pemanfaatan potensi swadaya masyarakat dalam Pembangunan Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, diantaranya: a) kwalitas sumber daya manusia yang belum memadai untuk mendukung pelaksanan otonomi daerah dalam hal pengelolaan keuangan, khususnya dalam mengelola alokasi dana desa, b) bantuan dari Pemerintah tidaklah mudah untuk diperoleh, c) keadaan ekonomi masyarakat desa yang mayoritas rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: potensi, swadaya masyarakat, desa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2014 12:52
Last Modified: 19 Aug 2014 12:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29907

Actions (login required)

View Item View Item