Faktor Penyebab Bermain Game Online Dan Dampak Negatifnya Bagi Pelajar (Studi Kasus pada Warung Internet di Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo)

Efendi, Novian Azis and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2014) Faktor Penyebab Bermain Game Online Dan Dampak Negatifnya Bagi Pelajar (Studi Kasus pada Warung Internet di Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (20MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (53MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
10_BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
11_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
12_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
13_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
14_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
15_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab bermain game online dan dampak negatifnya bagi pelajar di warung internet Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah ini terdiri dari pelajar pemain game online, penjaga warung internet (warnet), serta masyarakat di Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Triangulasi data dalam penelitian ini yaitu sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini melalui menggunakan teknik analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data dan penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penyebab bermain game online dan dampak negatifnya bagi pelajar di warung internet Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo terlihat dan nyata. Hal tersebut terbukti dengan adanya faktor-faktor yang menyebabkan anak bermain game online, yaitu (a) Komunikasi yang kurang maksimal antara anak dengan anggota keluarga, khususnya orang tua; (b) Pengawasan orang tua yang kurang kepada anak; (c) Kesalahan pola asuh dari orang tua kepada anak; (d) Kejenuhan atau merasa bosan seorang anak akan rutinitas yang monoton. Game online mempunyai dampak negatif diantaranya dampak sosial, dampak psikis, dan dampak fisik. Implementasi faktor penyebab bermain game online dan dampak negatifnya bagi pelajar di warung internet Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo terlihat dan nyata. Hal tersebut terlihat dengan adanya pelajar yang sampai berjam-jam bermain game online. Pelajar tidak menyadari akan bahayanya jika terlalu sering memainkan game online hanya sebatas memikirkan kesenangan dan menghilangkan kebosanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Penyebab, Game Online, Damapak Negatif, Pelajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2014 12:44
Last Modified: 19 Oct 2021 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item View Item