Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Buku Modul Yang Dimiliki Oleh Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Wiyadi, Irfan Eko and , Dra. Wafrotur Rohmah SE. MM. (2014) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Buku Modul Yang Dimiliki Oleh Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (852kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_irfan_yg_benar.pdf

Download (916kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro; 2) Untuk mengetahui pengaruh kepemilikan buku modul terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan kepemilikan buku modul terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Purwantoro, Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini kelas X SMA N I. Sampel diambil sebanyak 127 siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar ekonomi Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier berganda (uji t) memperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,782 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 18,1%; 2) Ada pengaruh yang signifikan kepemilikan buku modul dengan prestasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,611 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 17,1%; dan 3) Ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan dan kepemilikan buku modulterhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 33,730 > 3,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,352 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan buku modul terhadap prestasi belajar adalah sebesar 35,2% sedangkan 64,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan sekolah, pemanfaatan buku modul dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2014 12:35
Last Modified: 19 Oct 2021 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29905

Actions (login required)

View Item View Item