Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Problem Based Learning Dan Problen Solving Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Ernawati, Ernawati and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Problem Based Learning Dan Problen Solving Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (802kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk untuk membandingkan strategi pembelajaran PBL dan PS terhadap hasil belajar biologi kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar tahun 2013/2014. Kelas yang digunakan dalam penelitian tiga kelas yang dipilih berdasarkan pemilihan secara acak. Kelas yang digunakan penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode post test. Analisa data Uji statistik menggunakan Uji nonparametrik dengan Kruskal Wallis H test, yaitu uji hipotesis yang sesuai dengan One Way Anova dengan dibantu oleh program SPSS 15.0 for Windows. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas dengan model PBL sebesar 81,71 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model PS sebesar 78,63 dan Kontrol sebesar 73,71. Hasil Uji Lanjut menggunakan Mann Whitney U Test didapatkan pembelajaran menggunakan model PBL dan PS diperoleh 0,016 < 0,05, maka H0 ditolak jadi ada perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran PBL dan kelas kontrol 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi ada perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran PS dan kontrol 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu menggunakan model belajar PBL, PS, dan Kontrol. Model belajar PBL lebih baik dibanding PS dan Kontrol dalam pembelajaran yang dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran biologi, PBL, PS, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2014 09:01
Last Modified: 18 Oct 2021 19:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29898

Actions (login required)

View Item View Item