Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Fatkhah, Nik Matul and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (948kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan kelas VIII, diantaranya kelas VIII c dengan pembelajaran berbasis masalah yaitu pembelajaran yang menggunakan masalah kontekstual sehingga merangsang siswa untuk belajar, VIII d menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) dan kelas VIII h menggunakan pembelajaran berbasis proyek yaitu pembelajaran yang menggunakan kegiatan sebagai media. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi pada melalui pendekatan secara ilmiah dengan model pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah pada pokok materi respirasi dan fotosintesis siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode postes. Analisa data Uji Parametrik menggunakan One Way Anova dengan dibantu oleh program SPSS 15.0. Nilai ratarata hasil belajar ranah kognitif kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah yaitu 82,78 lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yaitu 77,78 dan konvensional yaitu 73,56. Uji lanjut yang digunakan yaitu Post Hoc Test. Berdasarkan analisis data tersebut, maka diperoleh hasil pembelajaran berbasis masalah (82,78) lebih baik digunakan dalam pembelajaran yang dilakukan pada kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan dengan mengguanakan pembelajaran berbasis proyek (77,78) maupun konvensional (73,56).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah, Model pembelajaran berbasis proyek, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2014 08:19
Last Modified: 18 Oct 2021 19:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item