Upaya Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Dan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok B BA Aisyiyah Ngalas II Kecamatan Klaten Selatan Tahun Ajaran 2013/2014

AMBARJATI, PANUT and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.H (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Dan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok B BA Aisyiyah Ngalas II Kecamatan Klaten Selatan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan kreativitas dan motorik halus anak melalui kegiatan origami pada anak kelompok B BA Aisyiyah Ngalas II Klaten Setalan Tahun Ajaran 2013/2014. Kemampuan motorik halus anak belum berkembang berdasar pengamatan dalam kegiatan yang melibatkan motorik halus sebagian besar anak masih banyak dibantu. Melalui kegiatan origami dapat melatih keterampilan anak dalam menggunakan otot-otot halus sehingga kemampuan kreativitas dan motorik halus anak dapat berkembang dengan baik. Data tentang kemampuan kreativitas dan motorik halus diperoleh dari anak dan data pelaksanaan kegiatan origami diperoleh dari guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tahap yaitu perencanaan, tindakan dan refleksi. Siklus pertama dan kedua dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Teknik analisis komparatif kristis untuk membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya yaitu dengan persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan dari siklus ke siklus, ini dapat dilihat dari persentase hasil observasi. Kemampuan kreativitas dan motorik halus anak pada pra siklus 40%, setelah dilakukan siklus I mencapai 60% dan siklus II berkembang menjadi 75%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas dan motorik halus anak mengalami pengembangan melalui kegiatan origami

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kreativitas dan motorik halus, kegiatan origami.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 12:32
Last Modified: 20 Oct 2021 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29891

Actions (login required)

View Item View Item