Pengetahuan Geografis Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi

Mulyono, Ari and , Muh. Amin Sunarhadi, S.Si, M.PNurul Aini (2014) Pengetahuan Geografis Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat dituntut untuk lebih paham terhadap karakteristik geografis wilayahnya dan selalu waspada terhadap bencana gempa bumi. Banyak masyarakat yang tidak mengetahuai tingkat ancaman dan resiko bencana di daerahnya masing-masing, hal tersebut terjadi karena kurang pengetahuan geografis masyarakat di daeranya. Masyarakat yang tidak paham pengetahuan geografis dapat memperparah akibat yang ditimbulkan oleh bencana yang terjadi dan dapat merugikan dirinya sendiri. Pengetahuan geografis pada masyarakat sudah harus tertananam sejak usia dini, karena keanekaragaman dan karakteristik dari wilayah yang beragam akan mempengaruhi tingkat potensi dan ancaman bencana di daerah tersebut, untuk itu pengengetahuan geografis dan kesiapsiagaan masyarakat dalam mengahadapi bencana sangat penting. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat perkotaan, masyarakat pinggiran perkotaan dan masyarakat perdesaan di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat terhadap pengetahuan geografis dan mengetahui kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dimana dalam penentuan responden secara stratified proporsional cluster random sampling. Cara perolehan data penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) yang harus diisi oleh responden yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan geografis masyarakat perkotaan di Kecamatan Bulu masuk dalam kategori paham, Pengetahuan geografis masyarakat pinggiran perkotaan di Kecamatan Bulu masuk dalam kategori paham, Pengetahuan geografis masyarakat perdesaan di Kecamatan Bulu masuk dalam kategori hampir paham. Sedangkan untuk hasil Kesiapsiagaan masyarakat perkotaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Bulu masuk dalam kategori hampir siap, Kesiapsiagaan masyarakat pinggiran perkotaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Bulu masuk dalam kategori hampir siap, Kesiapsiagaan masyarakat perdesaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Bulu masuk dalam kategori hampir siap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan geografis, Kesiapsiagaan, Bencana Gempa Bumi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2014 09:04
Last Modified: 15 Oct 2021 12:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item View Item