Perspektif Gender Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sastra Feminis Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Hakim, Arif Rahman and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum and , Drs. Joko Santosa, M. Ag. (2014) Perspektif Gender Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sastra Feminis Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (999kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar sosial budaya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata, (3) mendeskripsikan perspektif gender dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata berdasarkan tinjauan sastra feminis, (4) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian perspektif gender dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian dan strategi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan studi terpancang. Objek penelitian ini adalah struktur dan wujud perspektif gender yang digambarkan tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel di internet. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data dengan teknik trianggulasi teoritis. Teknik analisis data dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian analisis latar sosial budaya pengarang Cinta di Dalam Gelas diperoleh, Andrea Hirata sebagai pengarang novel Cinta di Dalam Gelas adalah seorang penulis yang berasal dari Belitong, karya Andrea Hirata menceritakan budya Melayu.Tokoh utama dalam novel adalah Maryamah. Alur yang digunakan dalam novel Cinta di Dalam Gelas adalah alur maju. Latar waktu terjadi pada saat perayaan hari kemerdekaan yakni 17 Agusutus. Latar tempat berada di desa Belitong. Latar sosialnya bahwa desa Belitong sangat patriakat, memandang perempuan masih rendah. Berdasarkan tinjauan sastra feminis, perspektif gender dalam novel Cinta di Dalam Gelas meliputi kesetaraan gender yakni kesetaraan dalam pendidikan, kesetaraan dalam berpolitik dan berorganisasi, kesetaraan dalam sosial budaya. Sedangkan ketidakadilan gender meliputi subordinasi perempuan, streotipe perempuan, kekerasan terhadap perempuan, dan beban kerja perempuan dan (4) hasil penelitian perspektif gender dapat diimplementasikan pada jenjang pendidikan SMA/MA kelas XI/I dengan kompetensi kemampuan membaca, yaitu standar kompetensi memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dengan kompetensi dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Feminis, perspektif gender dan implementasi sebagai bahan ajar sastra di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2014 07:48
Last Modified: 19 Oct 2021 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29873

Actions (login required)

View Item View Item