Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Mars Karya Aishworo Ang: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma

Aji, David Wisnu (2014) Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Mars Karya Aishworo Ang: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (669kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakang sosio historis pengarang, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Mars karya Aishworo Ang, (3) mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel Mars karya Aishworo Ang, dan (4) mendeskripsikan implementasi nilai kepribadian tokoh utama dalam novel Mars karya Aishworo Ang sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian dan strategi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Mars karya Aishworo Ang. Data penelitian ini berupa aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Mars karya Aishworo Ang. Sumber data skunder penelitian ini adalah wacana dari internet mengenai novel Mars dan buku-buku yang menunjang penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data dengan triangulasi teoritis. Teknik analisis data dengan metode teknik pembacaan model heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh: (1) Latar sosiohistoris pengarang Mars diperoleh, Aishworo Ang sebagai pengarang novel Mars adalah seorang penulis yang berasal dari Sambirejo, Semanu, Gunungkidul, karya Aishworo Ang menceritakan tentang budaya Jawa. Aishworo Ang telah menghasilkan dua novel yakni Janji Langit dan Mars, (2) Struktural novel Mars: tema novel adalah tentang perjuangan seorang ibu untuk menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya. Tokoh utama adalah Tupon. Alur yang digunakan dalam novel Mars adalah alur maju. Latar waktu terjadi sekitar tahun 1994 sampai tahun 2011. Latar tempat berada di dusun Manggarsari. Latar sosialnya dusun Manggarsari beranggapan bahwa mengenyam pendidikan bukanlah hal penting, dan (3) Aspek kepribadian dalam novel Mars meliputi kepribadian tipe flekmatis atau orang tenang yakni pribadi yang sabar, pribadi yang tekun bekerja, dan pribadi yang tidak lekas putus asa, dan hasil penelitian motivasi hidup dapat diimplementasikan pada jenjang pendidikan SMA/MA kelas XI/I dengan kompetensi kemampuan membaca, yaitu standar kompetensi memahami unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepribadian, novel Mars, psikologi sastra, dan implementasi dalam pembelajaran sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2014 11:54
Last Modified: 15 Aug 2014 13:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item