Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Krajan II Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

ASTUTI, ERMA SARI and , Drs, Sutan Syahrir Zabda, M.Hum. (2014) Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Krajan II Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak dengan metode proyek pada anak kelompok A TK Pertiwi Krajan II Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2013/1014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok A TK Pertiwi Krajan II Jatinom Klaten dengan jumlah anak 10 anak. Metode yang diambil adalah metode proyek yang diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan antara peneliti dan guru kelas. Data yang dikumpulkan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriftif komparatif dengan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi didalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak dengan metode proyek mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian pengembangan kecerdasan interpersonal anak pada prasiklus sebesar 36%, pada siklus I pengembangan kecerdasan interpersonal anak mencapai 75% dan pada siklus II yaitu mencapai 85%. Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis kecerdasan interpersonal dapat dikembangkan melalui metode proyek pada anak kelompok A TK Pertiwi Krajan II Jatinom Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Metode Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 12:46
Last Modified: 20 Oct 2021 04:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item