Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Quiz Siswa Kelas IV SDN Kertomulyo 01 Tahun Pelajaran 2013/2014

Wahyuni, Endah Tri and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Quiz Siswa Kelas IV SDN Kertomulyo 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (891kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bangun ruang melalui metode Team Quiz. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kertomulyo 01 yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam mengerjakan soal tentang materi bangun ruang yang meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I persentase aktivitas belajar sebesar 36% atau 5 siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal bangun ruang sebesar 64% atau 9 siswa. Pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 64% atau 9 siswa dan ketuntasan hasil belajar sebesar 86% atau 12 siswa. Pada siklus III persentase aktivitas belajar sebesar 86% atau 12 siswa dan ketuntasan hasil belajar sebesar100% atau 14 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Team Quiz mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan hasil belajar matematika, Metode Team Quiz.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 11:54
Last Modified: 15 Oct 2021 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29855

Actions (login required)

View Item View Item