Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Pendem Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun 2013/2014

Rahayu, Sri and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Pendem Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (576kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (835kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (597kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pendem melalui penerapan metode pembelajaran Joyful Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Pendem yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki – laki, dan 17 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi terlihat dalam 4 indikator yaitu siswa semangat dalam kegiatan belajar mengajar meningkat dari pra siklus sebesar 24, 39%, Siklus I sebesar 58, 53%, dan Siklus II 78, 04%. Siswa aktif dalam kegiatan Tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami meningkat dari pra siklus sebesar 31, 70%, Siklus I sebesar 48, 78%, dan Siklus II sebesar 65, 85%. Siswa aktif dalam proses pembelajaran yaitu meningkat dari pra siklus sebesar 29, 26%, Siklus I sebesar 41, 46%, dan Siklus II sebesar 68, 29%. Keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal meningkat dari pra siklus sebesar 70, 73%, Siklus I sebesar 73, 17%, dan Siklus II sebanyak 34 atau sebesar 82, 92%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis Joyful Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Pendem tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, belajar, Joyful Learning.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 12:50
Last Modified: 20 Oct 2021 01:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item