Pengaruh Sarana Dan Prasarana Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah 1 Program Khusus Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Yuliawan, Anang and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengaruh Sarana Dan Prasarana Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah 1 Program Khusus Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
08_NasPub.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
00_Depan_.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_Bab_1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
02_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
03_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
05_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa sekolah dasar di SD Muhammadiyah 1 Program Khusus Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif yang bersifat análisis statistik. Adapun objek dalam penelitian ini adalah SD Muhammadiyah 1 Program Khusus Wonogiri dengan subjek motivasi belajar siswa kelas IV, kelas V, dan kelas VI. Data dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana sekolah dan motivasi belajar siswa. Adapun sumber data penelitian ini kuisioner yang dikumpulkan dari siswa kelas IV, kelas V, dan kelas VI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik análisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, Sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap motivasi instrinsik siswa dalam belajar di SD Muhammadiyah Wonogiri, besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,728 kali terhadap peningkatan motivasi belajar siswa karena faktor sarana prasarana. Kedua, Sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap motivasi ekstrinsik siswa dalam belajar di SD Muhammadiyah Wonogiri, besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,567 kali terhadap peningkatan motivasi belajar siswa karena faktor sarana prasarana. Ketiga, Sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik siswa dalam belajar di SD Muhammadiyah Wonogiri, besarnya pengaruh dapat dilihat dari koefisien regresi yaitu sebesar 0,694 kali terhadap peningkatan motivasi belajar siswa karena faktor sarana prasarana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh; sarana; prasarana; motivasi; belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 12:41
Last Modified: 20 Oct 2021 01:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29851

Actions (login required)

View Item View Item