Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Kalkulator Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Nogosari 3 Glonggong Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Ratih, Novia and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Kalkulator Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Nogosari 3 Glonggong Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (834kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
cover.pdf

Download (827kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan hasil belajar siswa melalui metode kalkulator jarimatika khususnya pada perkalian siswa kelas III SD Negeri Nogosari 3 Glonggong Nogosari Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, tiap pertemuan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Nogosari 3 Glonggong Nogosari Boyolali yang berjumlah 32 siswa dan guru sebagai peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes untuk mengukur kemampuan berhitung siswa, dan dokumentasi. Variabel yang menjadi sasaran peneliti adalah kemampuan berhitung siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode kalkulator jarimatika. Sebelum diadakannya tindakan dari 32 siswa hanya 14 siswa yang mempunyai kemampuan berhitung dengan rata-rata sebesar 46,87%, pada siklus I yang mempunyai kemampuan berhitung dengan baik sebanyak 20 siswa dengan rata-rata 65,63% dan meningkat pada siklus II yang mempunyai kemampuan berhitung dengan baik sebanyak 25 siswa dengan rata-rata 78,2%. Selain itu rata-rata nilai siswa dari kondisi awal sampai akhir siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata 59,56 kemudian meningkat siklus I menjadi rata-rata 70,54 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 84,21. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kalkulator jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Nogosari 3 Glonggong Nogosari Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berhitung., metode., kalkulator., jarimatika
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 12:21
Last Modified: 20 Oct 2021 01:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item