Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Komputer Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Semester VIII Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Giyarni, Giyarni and , Drs. Djoko Suwandi, SE., M.Pd (2014) Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Komputer Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Semester VIII Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman komputer akuntansi; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman komputer akuntansi; 3) pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman komputer akuntansi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Semester VIII Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 190 mahasiswa. Sampel yang diambil sebesar 123 mahasiswa dengan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan anget dan dokumentasi. Sebelumnya anget diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi linear ganda memperoleh persamaan garis regresi Y = 4,555 + 0,482X1 + 0,382X2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya tingkat pemahaman komputer akuntansi dipengaruhi oleh kepercayaan diri dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman komputer akuntansi. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman komputer akuntansi. 3) Kepercayaan diri dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman komputer akuntansi. 4) Kepercayaan diri memberikan sumbangan relatif sebesar 47% dan sumbangan efektif sebesar 5,36%, motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53% dan sumbangan efektif sebesar 6,04%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh sebesar 0,114 yang berarti 11,4% tingkat pemahaman komputer akuntansi dipengaruhi oleh kepercayaan diri dan motivasi belajar, selanjutnya 88,6% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pemahaman komputer akuntansi, kepercayaan diri, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Aug 2014 10:11
Last Modified: 19 Oct 2021 14:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29846

Actions (login required)

View Item View Item