Penerapan Strategi Pembelajaran Crosswordpuzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswadalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Maharani, Arofah Septalinda (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Crosswordpuzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswadalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (794kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas VIII A SMP 10 Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi yang diperoleh dari setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 30,55%. Sedangkan dari hasil penerapan strategi strategi crossword puzzle pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 56,48%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 75,92%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi crossword puzzle, keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Aug 2014 09:34
Last Modified: 13 Aug 2014 09:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29845

Actions (login required)

View Item View Item