Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014

Mayasari, Arvita and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. 2) Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. 3) Pengaruh kecerdasan intelektual dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 240 siswa dengan sampel sebanyak 142 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda Y =49,789 + 0,362X1 + 0,317X2, artinya dapat disimpulkan bahwa: (1) Kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kecerdasan intelektual sebesar 0,362 sehingga thitung > ttabel atau 3,564 > 1,977 dengan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. (2) Persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru sebesar 0,317 sehingga thitung > ttabel atau 4,368 > 1,977 dengan nilai signifikansi<0,05 yaitu 0,000. (3) Kecerdasan intelektual dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 23,687 >Ftabel 3,061 dengan nilai signifikansi< 0,05 yaitu 0,000. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,254, berarti 25,4% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kecerdasan intelektual dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, sisanya sebesar 74,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual, persepsi siswa mengenai kopetensi pedagogik guru, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Aug 2014 09:14
Last Modified: 19 Oct 2021 14:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29832

Actions (login required)

View Item View Item