Uji Kadar Protein Dan Organoleptik Yoghurt Susu Kedelai (Glycine Max) Dengan Penambahan Ekstrak Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) dan Ekstrak Kulit Buah Naga (Hylocereus polyrhizuz)

Sulistyowati, Rina and , Dra. Suparti, M.Si (2014) Uji Kadar Protein Dan Organoleptik Yoghurt Susu Kedelai (Glycine Max) Dengan Penambahan Ekstrak Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) dan Ekstrak Kulit Buah Naga (Hylocereus polyrhizuz). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yoghurt adalah produk yang berasal dari susu yang difermentasi menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermophilus. Kedelai (Glycine max) memiliki nilai protein yang tinggi jika difermentasi. Kedelai mengandung energy, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C yang dapat membantu dalam memenuhi asupan vitamin dalam tubuh. Eksrak buah nangka (Artocarpus heterophyllus) mempunyai aroma yang harum dan mengandung protein jika difermentasi akan meningkat. Ekstrak kulit buah naga super red (Hylocereus polyrhizus) dapat menurunkan kolesterol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak buah nangka dan ekstrak kulit buah naga terhadap uji organoleptik dan kadar protein yoghurt susu kedelai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor, faktor pertama yaitu ekstrak buah nangka 0ml (Q0), 25ml(Q1), 50ml (Q2), 75ml (Q3) dan faktor kedua yaitu ekstrak kulit buah naga 0ml (P0), 25ml (P1), 50ml (P2),75ml (P3) dengan 2 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penambahan ekstrak buah nangka dan ekstrak kulit buah naga terhadap kadar protein dan uji organoleptik yoghurt susu kedelai. Kadar protein tertinggi pada perlakuan Q3P3 (penambahan 75ml ekstrak buah nangka dan 75ml ekstrak kulit buah naga) sebesar 19,75%, kadar protein terendah pada perlakuan Q0P0 (tanpa penambahan ekstrak buah nangka dan ekstrak kulit buah naga) sebesar 13,8%. Hasil uji organoleptik menunjukan warna merah muda, aroma tidak langu dan rasa asam. Yoghurt susu kedelai dengan penambahan ekstrak buah nangka dan esktrak kulit buah naga sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Susu Kedelai, Ekstrak Buah Nangka, Ekstrak Kulit Buah Naga, Yoghurt, Fermentasi
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 17 Jul 2014 13:16
Last Modified: 18 Oct 2021 19:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item View Item