Kemampuan Kerampilan Mengajar Mahasiswa Pada Program Studi pendidikan Biologi FKIP UMS Pada Kegiatan Microteaching tahun Akademik 2013/2014

Fitriana, Endah and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Kerampilan Mengajar Mahasiswa Pada Program Studi pendidikan Biologi FKIP UMS Pada Kegiatan Microteaching tahun Akademik 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (127kB)

Abstract

Keterampilan mengajar adalah kemampuan atau kegiatan yang dilakukan dan harus dimiliki oleh pendidik dalam proses belajar mengajar agar dapat menarik perhatian dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada kegiatan microteaching tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil data observasi dan angket diperoleh dari 111 mahasiswa dengan menggunakan proposional random sampel untuk mengetahui kemampuan keterampilan mengajar mahasiswa dan kegiatan microteaching tahun akademik 2013/2014. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan microteaching dan dosen pembimbing. Data dianalisa dengan teknik triangulasi, yaitu membandingkan dan menggeneralisasikan hasil data dalam bentuk kalimat deskriptif secara terperinci dan apa adanya. Kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan mengenai kemampuan keterampilan mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada kegiatan microteaching tahun akademik 2013/2014 pada dasarnya sudah baik (59,67%) dan sudah sesuai dengan implementasi kurikulum 2013, namun masih ada yang lemah pada keterampilan membuka pelajaran dan keterampilan menjelaskan. Jadi dalam penelitian ini keterkaitan antara mahasiswa, dosen pembimbing serta sarana dan prasarana juga sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan microteaching dan keberhasilan kemampuan keterampilan mengajar mahasiswa dalam melakukan praktik mengajar microteaching.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengajar, keterampilan mengajar, kegiatan microteaching
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 17 Jul 2014 12:02
Last Modified: 18 Oct 2021 18:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29818

Actions (login required)

View Item View Item